KATA PENGANTAR
Rasa syukur yang dalam kami sampaikan ke hadiran Tuhan,
karena berkatkemurahanNya proposal ini dapat kami selesaikan sesuai yang
diharapkan. Dalam makalah ini kami membahas “
Pemesanan
Makanan Digital”, suatu kemudahan bagi user dalam pemesanan makanan.
Adapun salah satu tujuan dari disusunnya proposal ini adalah
untuk memenuhi tugas mata kuliah kewirausahaan
.Kami sangat menyadari proposal ini masih jauh dari
kesempuranaan. Oleh karena itu,kritik dan saran yang sifatnya membangun kami
sangat harapakan untuk kesempurnaan darikekurangan yang ada, sehingga proposal
ini dapat bermanfaat. Semoga makalah ini dapatmemberikan inspirasi bagi
masyarakat dan bermanfaat untuk pengembangan ilmupengetahuan bagi kita semua.
Bekasi, juni 2013
ABSTRAK
Judul : Alat Pemesan Makanan Digital
Di dalam dunia Teknologi Informasi, banyak manfaat yang
diperoleh untuk membantu menyelesaikan masalah masyarakat. Perubahan
tersebut terjadi cukup signifikan,karena dengan adanya teknologi informasi bisa
memberikan dampak bagi perkembangan struktur masyarakat. Hal ini juga
berpengaruh besar bagi perkembangan di dunia, baik daripandangan sosial,
budaya, hukum, dan ekonomi. Perkembangan teknologi telah mengasilkankarya yang
dapat memenuhi kebutuhan manusia, salah satunya adalah pembuatan program dengan
bahasa assembly. Dengan adanya bahasa mesin ini, kebutuhan manusia akan
lebihmudah tercapai dan efisien. Banyak proyek yang telah ada melalui pembuatan
dengan bahasa mesin ini, seperti : jam digital traffic light, remote, dan
penunjuk sholat. Dari beberapa project tadi merupakan sebagian kecil dari hasil
yang di dapat dalam pembuatan program dengan bahasa mesin , salah satunya
pembuatan alat pemesan makanan digital (yangdiperuntukkan untuk restaurant).
Dalam menyampaikan maksud tertentu, customer bisa memesan
menu tanpa mengeluarkan tenaga dan lebih bekerja secara efektif serta efisien
sehingga lebih mudah dalam pemesanan menu makanan. Dengan adanya alat ini,
merupakan bentuk inovasi yang memberikan kemudahan bagi masyarakat khususnya
dalam pemesanan makanan dan bias menjadi bahan pengembangan teknologi modern.
DAFTAR ISI
Halaman
judul ………………………………………………………………..............i
KATA
PENGANTAR……………………………………………………………… ii
ABSTRAK………………………………………………………………..................iii
DAFTAR
ISI…………………………………………………………………....….. iv
BAB
I PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang…………………………………………………………………….1
1.2 .2 Rumusan
Masalah………………………………………………………………1
1.3 Tujuan Proposal………………………………………………………….………...1
1.4 Manfaat…………………………………………………………………….………2
BAB
II TINJAUAN PUSTAKA
2.1
Mikrokontroler…………………………………………………………………….3
2.2
Reset…………………………………………………………………………........4
2.3
7-Segment………………………………………………………………………....4
BAB III PEMBAHASAN
3.1
Diagram Kotak Perangkat Keras………………………………………………………………...............……..….6
3.2 Sistem
Perangkat Keras……………………………………………………………….....……….…...….6
3.3
Perancangan dan Implementasi Sistem……………………………………………………………………………….....7
BAB
IV METODOLOGI PELAKSANAAN PROGRAM
4.
metodologi……………………………………………………………………….…26
BAB
V PENUTUP
5.1 Kesimpulan…………………………………………………………….....…........27
5.2
Kritik dan Saran………………………………………………………….....….…27
DAFTAR
PUSTAKA……………………………………………………….......……..28
BAB I
PENDAHULUAN
A.Latar
Belakang
Teknologi Informasi adalah suatu teknologi yang digunakan
untuk mengolah data,termasuk memproses, mendapatkan, menyusun, menyimpan,
memanipulasi data dalam berbagai cara untuk menghasilkan informasi yang berkualitas,
yaitu informasi yang relevan,akurat dan tepat waktu, yang digunakan untuk
keperluan pribadi, bisnis, dan pemerintahan dan merupakan informasi yang
strategis untuk pengambilan keputusan. Perkembangan Teknologi Informasi memacu
suatu cara baru dalam kehidupan, dari kehidupan dimulai sampai dengan berakhir,
kehidupan seperti ini dikenal dengan elife,artinya kehidupan ini sudah
dipengaruhi oleh berbagai kebutuhan secara elektronik.Biasanya, para pelayan
restoran atau rumah makan sering memberikan daftar menu ataurumah makan sering
memberikan daftar menu makanan kepada konsumen yang datang kerestoran atau
rumah makan tersebut. Jadi, para konsumen bisa memesan makanan denganmelihat
menu makanan yang sudah tertera dalam daftar menu makanan tesebut.
Terkadang,para pelayan memberikan daftar menu makanan dan menunggu para
konsumen untuk memesan makanan yang mereka inginkan. Tetapi, para konsumen
terkadang merasa risih atau terganggu karena ditunggu pelayan restoran,
sebaliknya pelayan juga merasa risih karena menunggu para konsumen yang belum
juga memesan makanannya.
Untuk mempermudah pemesanan makanan, sebuah restoran atau
rumah makan akan memiliki ide untuk mengubah restorannya menjadi lebih menarik
dan semakin maju. Yaitu dengan mempermudah pelayan dalam pemesanan makanan,
sehingga menjadi lebih cepat , mudah, dan efisian.
B.Rumusan masalah:
1.Kurang efektif bila memesan makanan dengan cara
manual/memanggil pelayan.
2.Mengatasi antrian dalam pemesanan makanan
C.Tujuan
Membantu mengembangkan teknologi dalam menyelesaikan
permasalahan yang adadi bidang perdagangan.
D.Manfaat
1.Mempermudah user dalam memesan makanan
2.Lebih efisien dalam menggunakan waktu
BAB II
TINJAUAN PUSTAKA
2.1 Mikrokontroler
Untuk
bekerja dengan mikrokontroler ini diperlukan beberapa komponen tambahan
yangsering disebut dengan sistem minimum. Syarat– syarat tersebut antara
lain, system clock atau osilator, dan sistemreset Pada perancanagn
ini sistem minimum akan disajikan pada gambar ;
Gambar. 2 (Sistem Mikrokontroler)
Pada gambar 2 disajikan skema rangkaian minimum
mikrokontrolerAT89C51/52. Sistem pendukung yang pertama yaitu osilator yang
terdiri dari x-talsenilai 12 MHz dan dua buah kapasitor senilai 33pF.
Sistem pendukung yang berikutnya adalah system reset .
Sistem reset terdiri dari sebuah kapasitor senilai 10uF dan resistor
senilai 10K. Proses reset akan otomatisterjadi saat sumber tegangan
pertama kali diberikan. Adapun prosesnya adalah saatpertama kali sumber
tegangan VCC masuk ke rangkaian reset maka kapasitor akanterisi sampai
penuh. Pada saat kondisi kapasitor penuh dan nilai tegangan kapasitorsenilai
VCC maka logika 1 akan diberikan pada pin RST dari mikrokontroler ini,sehinga
secara otomatis mikrokontroler akan reset . Setelah kapasitor penuh dengan
muatan maka dalam kapasitor akan berangsur - angsur dibuang melalui resistor10K
sampai kondisi kapasitor kosong dan logika pada pin RST bernilai 0.
Mikrokontroler AT89C51 dari ATMEL memiliki osilator on-chip,
yang dapat digunakan sebagai sumber detak (clock) ke CPU, untuk
menggunakannya,menghubungkan sebuah resonator kristal atau keramik diantara
kaki-kaki XTAL1 danXTL2 pada mikrokontroler dan dihubungkan kapasitor ke
ground.Pemangkit clock menentukan rentetan kondisi-kondisi (state) yang
membentuk sebuahsiklus mesin Mikrokontroler. Satu siklus mesin paling lama
dikerjakan dalam 12periode osilator atau 1md, jika frekuensi kristal adalah 12
Mhz.
2.2 Reset
Reset
dapat dilakukan secara manual maupun otomatis saat power diaktifkan.
Saatterjadi reset isi dari register akan berubah. Reset terjadi dengan adanya
logika 1 selamaminimal 2 cycle pada kaki RST. Setelah kondisi pin RST kembali
Low, Mikrokontrolerakan mulai menjalankan program dari alamat 0000h. kondisi
pada RAM internal tidak terjadi perubahan selama reset. Pada saat sumber
daya diaktifkan, maka kapasitorsesuai dengan sifat kapasitor akan terhubung
singkat pada saat itu, arus mengalir dariVCC langsung kekaki RST sehingga kaki
tersebut berlogika 1. kemudian kapasitorterisi hingga tegangan pada kapasitor
(Vc) yaitu tegangan antara VCC dan titik antarakapasitor dan resistor mencapai
VCC, otomatis tegangan pada resistor berlogika 0. dansetelah itu proses reset
sudah selesai.
2.3 7-Segment
Penggunaan
penampil 7-segment pada pemesan makanan ini adalah untuk mengetahuiada atau
tidaknya pemesan dan letak dimana meja pemesan . Cara menghidupkan 7-segment
ini hampir sama dengan menggerakkan relay atau led, hanya sajamenghidupkan
7-segment tidak memerlukan penggerak (driver), dan 7-segment inidihubungkan ke
Port 0 dengan configurasi Commond Anode. Dilihat dari struktur port0, serta
sifat-sifat dari port 0, akan lebih mudah mengkonfigurasikan 7-CommondAnoda.
Dengan demikian untuk menghidupkan atau menyalakan 7-segment diperlukanlogika 0
pada Port 0. Agar tampilan 7-segmen menampilkan angka 0 maka led pada 7-segmen
a,b,c,d,e dan f harus dinyalakan pada bit Port 0 yang terkait P0.0, P0.1,
P0.2,P0.3, P0.4 dan P0.5, sehingga data yang terkirim adalah 11000000 = Coh.
http://neschisyamotty.blogspot.com/2010/12/aplikasi-pemesanan-makanan-di-restoran.html
BAB III
PEMBAHASAN
Cara kerja
sistem ini adalah Real Time Clock (RTC), karena memakai sistem yangmembutuhkan
masukkan/input dalam waktu program itu dijalankan. Cara kerja sistem inidapat
dilihat melalui diagram alur dibawah ini.
Dalam diagram alur tersebut dijelaskan bagaimana
rancangan sistem ini berjalan.Sistem ini akan menghasilkan keluaran berupa
lampu LED dan display pada layar LCD.Sistem ini menggunakan inputan berupa
tombol. Tombol ini digunakan untuk menentukan pesanan. Tombol ini diletakkan
diatas meja atau kasir.
Perancangan sistem pemesan makanan
digital ini dapat dilakukan secara bertahap.Tahapan tersebut adalah :
3.1 Diagram Kotak Perangkat Keras
Perancangan sistem pemesan makanan ini menggunakan beberapa
hardware. Sistempemesanan menu ini menggunakan mikrokotroler AT89C51. Berikut
ini adalah gambardiagram kotak perangkat keras :
Gambar. 2 (Diagram Kotak Perangkat
Keras)
Pada
gambar 1 menunjukkan diagram kotak sistem secara keseluruhan.
MikrokontrolerAT89C51 ini berfungsi sebagai pembaca masukkan data input keyyang
ditekan, dengansistem komunikasi port. Mikrokontroler akan membandingkan data input dengan
pilihanmenu yang telah diprogram. Penampilan LED akan memberitaukan kepada
pelayan saat adapesanan, dan pada output LCD akan menampilkan tulisan sesuai
dengan pilihan menu yang dipilh.
3.2 Sistem Perangkat Keras
Perancangan perangkat keras dilakukan dengan mengacu pada
sistem yang telahdirencanakan pada diagram kotak di atas.
Masing – masing sistem akan dijabarkan sebagai berikut :
3.2.1
Mikrokontroler
Mikrokontroler merupakan komponen
utama yang mengendalikan seluruh sistem. Mikrokontroler yang digunakan dalam
perancangan ini adalah mikrokontroler keluaran Atmel dengan seri AT89C51.
Untuk bekerja dengan mikrokontroler
ini diperlukan beberapa komponentambahan yang sering disebut dengan sistem
minimum. Syarat– syarat tersebut antara lain, system clock atau
osilator, dan system reset Pada perancangan ini sistem minimumakan
disajikan pada gambar 3.
Gambar.
2 (Sistem Mikrokontroler)
Pada gambar 2 disajikan skema rangkaian minimum
mikrokontrolerAT89C51/52. Sistem pendukung yang pertama yaitu osilator yang
terdiri dari x-talsenilai 12 MHz dan dua buah kapasitor senilai 33pF.
Sistem pendukung yang berikutnya adalah system reset terdiridari
sebuah kapasitor senilai 10uF dan resistor senilai 10K. Proses reset akan
otomatisterjadi saat sumber tegangan pertama kali diberikan. Adapun prosesnya
adalah saatpertama kali sumber tegangan VCC masuk ke rangkaianreset maka
kapasitor akanterisi sampai penuh. Pada saat kondisi kapasitor penuh dan nilai
tegangan kapasitorsenilai VCC maka logika 1 akan diberikan pada pinRST dari
mikrokontroler ini,sehinga secara otomatis mikrokontroler akan reset .
Setelah kapasitor penuh denganmuatan maka dalam kapasitor
akan berangsur - angsur dibuang melalui resistor10K sampai kondisi kapasitor
kosong dan logika pada pin
RST
bernilai 0.
3.2.1 Output LED (Light Emitting
Diode)
LED adalah suatu semikonduktor yang dapat memancarkan
cahayamonokromatik yang tidak koheren ketika diberi tegangan maju. Jadi,
fungsinya adalah untuk memberi informasi berupa cahaya. LED dirangakai
sedemikian rupa agar dapatmemberikan informasi yang diinginkan. Berikut adalah
gambar posisi LED yang dirangkai agar memberikan tampilan dari karakter sandi
morse.
Gambar.4 ( peta LED )
Barisan
LED akan merepresentasikan lampu yang menyala bergantian darikanan kekiri
selama 3 detik.
3.2.3 LCD ( Liquid Crystal Display)
16X1
LCD ini
tersambung dengan microcontroler untuk menampilkan output yang diprosesoleh
microcontroler. LCD (Liquid Crystal Display) adalah suatu jenis media tampilan yang
menggunakan kristal cair sebagai penampil utama. Pada LCD berwarna semacam monitor
terdapat banyak sekali titik cahaya (piksel) yang terdiri dari satu buah Kristal
cair sebagai sebuah titik cahaya.
Saat
terdapat input dari key, LCD akan menampilkan display yang bertuliskan nama menu
yang dipilih. Misal kita menekan tombol menu pertama, maka LCD akan menampilkan
display “PAKET 1”
3.3 Perancangan dan Implementasi
Sistem
Perancangan sitem pemesan makanan ini
dilakukan dengan 2 tahap, yaitu perancangan hardware dan perancangan perangkat lunak.
Masing-masing tahapantersebut adalah sebagai berikut :
3.3.1 Perancangan Perangkat Keras
Mikrokontroller akan berfungsi sebagai pengendali dan I/O
dari jalannya aplikas akan dijalankan ,berikut keterangan port-port yang akan
digunakan:
1.Port 0 masing masing digunakan untuk input
2.Port 1 masing– masing digunakan untuk LED Indikator
Channel
3.Port LCD digunakan untuk DISPLAY
Port-port ini akan diiinisialisasikan dengan hardware yang
selanjutnyaberperan menjalankan fungsinya masing-,masing. Proses inisialisasi
akan dilakukanmelalui program lunak, yang akan mengatur fungsi dari
mikrokontroler (proses),Swich Port 0 (input), Port 1 (output LED), Port LCD
(output display).Proses Input juga akan dilakukan melalui switch input di mana
akanditentukan dengan switch yang lalu memberikan perintah terhadap mikroprosesor
untuk memberikan keluaran yang ditampilkan melalui LED dan LCD.
3.3.2 Perancangan dan Realisasi
Perangkat Lunak
Perangkat lunak adalah sekumpulan intruksi-intruksi yang
digunakan sebagaisistem operasi yang mengontrol perangkat keras dalam memberikan
input dan outputdata serta pertukaran informasi. Jadi perangkat lunak
direalisasikan untuk mendukung kerja perangkat keras dalam melakukan tugasnya.
3.3.2.1 Algoritma Kinerja Program
Cara kerja program sistem pemesan makanan dibuat mengikuti alur
kerjasistem tersebut. Alur kerja program dibuat seperti gambar ini :
Dalam alur ini dijelaskan bagaimana sistem perangkat lunak
tersebutmemberikan perintah mikroprosesor untuk menciptakan hasil keluaran yang
ditentukan.Hasil keluaran berupa lampu LED dan display LCD.
3.3.2.2 Kode Program
Perancangan perangkat lunak dilakukan setelah perencanaan
alur kerja programselesai. Dalam sistem ini hasil yang diharapkan adalah nyala
lampu LED dan display dari LCD. Maka perancangan sistem perangkat lunak adalah
sebagai berikut :
Program membutuhkan inisialisasi fungsi dari keseluruhan
perintah yangdigunakan. Maka inisialisasi fungsinya perintah sebagai berikut:
_____________________________________________________________________________
$mod51
INITLCD EQU 0740H
WRITELCD EQU 07D0H
PORTA EQU 2000H
CW EQU 2003H;
command word
DISPSHCLEAR EQU 01H
DISPSHRIGHT EQU 1CH
CSEG
ORG 4000H
LJMP START
Setelah program berhasil di inisialisasikan,
maka selanjutnya membuatprogram utama. Program utama mencangkup sepenuhnya cara
kerja program, baik ituperintah maupun fungsi. Perancangan tersebut sebagai
berikutnya ;
START:
MOV DPTR,#CW
MOV A,#80
MOVx @DPTR,A;
pemilihan paket
LABEL: JB P1.0,PAKET1 ; memanggil fungsi PAKET1 jika inputan
1
JB P1.1,PAKET2 ; memanggil fungsi PAKET2 jika inputan 2
JB P1.2,PAKET3 ; memanggil fungsi PAKET3 jika inputan 3
B P1.4,PAKET4 ; memanggil fungsi PAKET4 jika inputan 4
SJMP LABEL
Setelah fungsi/program utama dibuat, maka selanjutnya
membuat programfungsi-fungsi yang diperlukkan untuk mendukung fungsi utama :
1.Fungsi LED
Fungsi ini berfungsi untuk inisialisasi program sehingga
mengeluarkanoutputan berupa nyala LED. Perancangan fungsi ini sebagai berikut:
LED:
MOV A,#01
MOV DPTR,#PORTA
LCALL DELAY
KIRI
:RL A
MOV DPTR,AL
CALL DELAY
CJNE A,#0FFH,KIRI
RET
2.LCD
Fungsi ini berfungsi untuk inisialisasi program sehingga
mengeluarkanoutputan berupa tampilan display LCD. Perancangan fungsi ini
sebagai berikut:
______________________________________________________________________________
2.1 Tampilan
PAKET 1
Mengeluarkan tampilan “PAKET 1” :
PAKET1
:;menampilkan led
LCALL LED
;menuliskan paket1
MOV A,#50H ;HURUF P
LCALL WRITELCD
MOV A,#41H ;HURUF A
LCALL WRITELCD
MOV A,#4BH ;HURUF K
LCALL WRITELCD
MOV A,#45H ;HURUF E
LCALL WRITELCD
MOV A,#54H ;HURUF T
LCALL WRITELCD
MOV A,#20H ;SPACELCALL WRITELCD
MOV A,#31H ;ANGKA 1
LCALL WRITELCD
LCALL L DELAY
LCALL DISPSHCLEAR ;menghapus tampilan
LCALL LABEL
2.2 Tampilan PAKET 2 :
Mengeluarkan
tampilan “PAKET 2” :
_____________________________________________________________________________
PAKET2:
;menampilkan led
LCALL LED;menuliskan paket2
MOV A,#50H ;HURUF
P
LCALL WRITELCD
MOV A,#41H ;HURUF
A
LCALL WRITELCD
MOV A,#4BH ;HURUF
K
LCALL WRITELCD
MOV A,#45H ;HURUF
E
LCALL WRITELCD
MOV A,#54H ;HURUF
T
LCALL WRITELCD
MOV A,#20H ;SPACE
LCALL WRITELCD
MOV A,#32H ;ANGKA
2
LCALL WRITELCD
LCALL L DELAY
LCALL DISPSHCLEAR
;menghapus tampilan
LCALL LABEL
2.3Tampilan PAKET 3
Menampilkan
tampilan “PAKET 3” :
_______________________________________________________________
PAKET3:
Menampilkan
led
; MOV A,#50H ;HURUF
P
LCALL WRITELCD
MOV A,#41H ;HURUF
A
LCALL WRITELCD
MOV A,#4BH ;HURUF
K
LCALL WRITELCD
MOV A,#45H ;HURUF
E
LCALL WRITELCD
MOV A,#54H ;HURUF
T
LCALL WRITELCD
MOV A,#20H ;SPACE
LCALL WRITELCD
MOV A,#33H ;ANGKA
3
LCALL WRITELCD
LCALL L DELAY
LCALL DISPSHCLEAR
;menghapus tampilan
LCALL LABEL
2.4Tampilan PAKET 4
Menampilkan
tampilan “PAKET 4” :
_______________________________________________________________
PAKET4:
;menampilkan led
LCALL LED ;menuliskan
paket4
MOV A,#50H ;HURUF
P
LCALL WRITELCD
MOV A,#41H ;HURUF
A
LCALL WRITELCD
MOV A,#4BH ;HURUF
K
LCALL WRITELCD
MOV A,#45H ;HURUF
E
LCALL WRITELCD
MOV A,#54H ;HURUF
T
LCALL WRITELCD
MOV A,#20H ;SPACE
LCALL WRITELCD
MOV A,#34H ;ANGKA
4
LCALL WRITELCD
LCALL L DELAYL
CALL DISPSHCLEAR ;menghapus tampilan
LCALL LABEL
3.Fungsi DELAY :
Fungsi ini berguna untuk memberikan waktu bagi program
dalammenyelesaikan tugas. Fungsi ini juga berguna untuk memberikan jeda
dalammengeluarkan output. Terdapat 2 fungsi delay, yaitu delay pendek dan delay
panjang. Perancangannya sebagai berikut :
3.1Delay pendek :
Delay ini berfungsi memberikan jeda waktu 1 detik.
Perhitungannya sebagaiberikut :
=1+1+1+(2 x8x255x255)+(3x255x255)+(3x255)+2
=3+(1.0404.400)+ (192.075) +(765 + 2)
=1.236.245 µs
= 1 sekon
Perancangan
program sebagai berikut :
DELAY:
MOV R7,#08H
LOP1 : MOV
R6,#0FFH
LOP2 : MOV R5,#0FFH
DJNZ R5,$DJNZ R6,LOP2
DJNZ R7,LOP1RET
3.2 Delay panjang :
Delay ini berfungsi memberikan jeda waktu 5 detik.
Perhitungannya sebagai berikut :
=1+1+1+ )2x250X100X100)+ (3x100x100+(3x100)+2
=3=(5.000.000)+(30.000)+(300)+2
=5.030.305 µs
= 5 sekon
Perancangan
program sebagai berikut :
LDELAY:
MOV R7,#0FAH
LOP1: MOV R6,#64H
LOP2: MOV R5,#64H
DJNZ R5,$
DJNZ R6,LOP2
DJNZ R7,LOP1
RET
Sehingga
perancangan perangkat lunak ini dapat disimpulkan sebagai berikut :
$mod51
INITLCD EQU 0740H
WRITELCD EQU
07D0H
PORTA EQU
2000H
CW EQU
2003H
;command word
DISPSHCLEAR EQU 01H
DISPSHRIGHT EQU 1CH
CSEGORG 4000H
LJMP START
ORG 4100H
;selang waktu 5 detik
LDELAY:
MOV
R7,#0FAH
LOP1:
MOV R6,#64H
LOP2:
MOV R5,#64H
DJNZ
R5,$
DJNZ
R6,LOP2
DJNZ
R7,LOP1
RET
;selang waktu 1 detik
DELAY:
MOV
R7,#08H
LOP1:
MOV R6,#0FFH
LOP2:
MOV R5,#0FFH
DJNZ
R5,$
DJNZ
R6,LOP2
DJNZ
R7,LOP1
RET
START:
MOV DPTR,#CW
MOV A,#80
MOVx @DPTR,A
;pemilihan
paket
LABEL: JB P1.0,
PAKET1JB P1.1,
PAKET2JB P1.2,
PAKET3JB P1.4,
PAKET4SJMP LABEL
LED:
MOV A,#01
MOV DPTR,#PORTA
LCALL DELAY
KIRI:
RL
A
MOV
DPTR,A
LCALL DELAY
CJNE
A,#0FFH,KIRI
RET
PAKET1:
;menampilkan led
LCALL LED
menuliskan
paket1
MOV A,#50H ;HURUF P
LCALL WRITELCD
MOV A,#41H ;HURUF A
LCALL WRITELCD
MOV A,#4BH ;HURUF K
LCALL WRITELCD
MOV A,#45H ;HURUF E
LCALL WRITELCD
MOV A,#54H ;HURUF T
LCALL WRITELCD
MOV A,#20H ;SPACELCALL WRITELCD
MOV A,#31H ;ANGKA 1
LCALL WRITELCD
LCALL L DELAY
LCALL DISPSHCLEAR ;menghapus tampilan
LCALL LABEL
PAKET 2;
;menampilkan led
LCALL LED
menuliskan paket 2
MOV A,#50H ;HURUF P
LCALL WRITELCD
MOV A,#41H ;HURUF A
LCALL WRITELCD
MOV A,#4BH ;HURUF K
LCALL WRITELCD
MOV A,#45H ;HURUF E
LCALL WRITELCD
MOV A,#54H ;HURUF T
LCALL WRITELCD
MOV A,#20H ;SPACELCALL WRITELCD
MOV A,#32H ;ANGKA 2
LCALL WRITELCD
LCALL L DELAY
LCALL DISPSHCLEAR ;menghapus tampilan
LCALL LABEL
PAKET 3:
;menampilkan led
LCALL LED
menuliskan
paket 3
MOV A,#50H ;HURUF P
LCALL WRITELCD
MOV A,#41H ;HURUF A
LCALL WRITELCD
MOV A,#4BH ;HURUF K
LCALL WRITELCD
MOV A,#45H ;HURUF E
LCALL WRITELCD
MOV A,#54H ;HURUF T
LCALL WRITELCD
MOV A,#20H ;SPACELCALL WRITELCD
MOV A,#33H ;ANGKA 3
LCALL WRITELCD
LCALL L DELAY
LCALL DISPSHCLEAR ;menghapus tampilan
LCALL LABEL
PAKET4:
;menampilkan led
LCALL LED
Menuliskan paket 4
MOV A,#50H ;HURUF P
LCALL WRITELCD
MOV A,#41H ;HURUF A
LCALL WRITELCD
MOV A,#4BH ;HURUF K
LCALL WRITELCD
MOV A,#45H ;HURUF E
LCALL WRITELCD
MOV A,#54H ;HURUF T
LCALL WRITELCD
MOV A,#20H ;SPACELCALL WRITELCD
MOV A,#34H ;ANGKA 4
LCALL WRITELCD
LCALL L DELAY
LCALL DISPSHCLEAR ;menghapus tampilan
LCALL LABEL
END
Dalam
sistem program ini akan menghasilkan hasil yang beragam, sesuai dengan inputan
yang dimasukkan oleh user.
BAB IV
METODOLOGI PELAKSANAAN PROGRAM
Metode
yang digunakan dalam pembuatan alat
pemesan makanan digital ini adalah sebagai
berikut:
1.Survei lokasi yang masih melakukan pemesanan secara
manual.
2.Studi literatur dan aplikasi teori yaitu teori pemesanan
makanan digital berbasismikrokontroler.
.3.Pemilihan program yang akan digunakan yaitu memakai
menggunakan kinerja LCDberbasis mikrokontroler dengan memanfaatkan LED.
4.Penentuan rancangan alat pemesan makanan digital .
5.Menentukan keluaran tulisan di LCD dan warna lampu LED
yang digunakan
6.Rencana pengerjaan alat
7.roses pengerjaan berupa piranti lunak program dan
hardware.
8.Pengujian program berupa presentasi program baik simulasi atau demontrasi system yang
dibuat dan menyimpulkan setiap kegiatan
dari awal sampai akhir pengerjaan.
9.Penyusunan laporan.
BAB V
PENUTUP
5.1
Kesimpulan
Dalam era saat ini, teknologi berkembang secara
terus-menerus. Teknologimempermudah manusia dalam berbagai bidang. Dalam bidang
usaha misalnya, restoran membutuhkan sesuatu yang efisien. Maka dibuatlah
perancangan “pemesanan makanandigital”.Kebutuhan akan tenaga yang berbasis
teknologi informasi masih terus meningkat;hal ini bisa terlihat dengan
banyaknya jenis pekerjaan yang memerlukan
kemampuan dibidang teknologi di berbagai
bidang; juga jumlah SDM berkemampuan di bidang teknologiinformasi masih
sedikit, jika dibandingkandengan jumlah penduduk Indonesia. Keberadaan bisnis
yang tersebar di banyak tempat dengan berbagai ragam perangkat keras d an lunak mulai menyadari tentang
betapa pentingnya untuk mempercayakan dukungan bagikeberhasilan pengolahan data komputernya kepada satu sumber
yang dapat dipercaya.
5.2 Kritik
dan Saran
Rancangan dalam proposal ini diharapkan dapat diterima
bahkan dikembangkan olehgenerasi berikutnya. Rancangan “Pemesanan Makanan
Digital” memiliki keuntungan yaitu memudahkan user dan costumer dalam pemesanan
makanan. Rancangan ini masih jauh dari ke kesempurnaan. Maka dari itu, kami minta
maaf jikamasih ada kekurangan dan
kesalahan.
DAFTAR PUSTAKA
Tidak ada komentar:
Posting Komentar